Tsunami 20 Meter Hanya Butuh Waktu 20 Menit Capai Daratan

Posted on

Periset Institut Tehnologi Bandung (ITB) mengatakan ada kekuatan tsunami setinggi 20 mtr. di selatan Pulau Jawa. Tubuh Meteorologi, Klimatologi, serta Geofisika (BMKG) menjelaskan hanya perlu waktu 20 menit buat gelombang raksasa itu untuk sampai pantai.

“Hasil dari modelling kami, di selatan Jawa kurang-lebih cuma seputar 20 menit tsunami telah menempa daratan,” kata Kepala Pusat Pusat Gempa Bumi serta Tsunami BMKG Karunia Triyono ke detikcom, Jumat (25/9/2020).

Di selatan Jawa, ada jalan Sunda Megathrust, yaitu zone subduksi di antara Lempeng India-Australia dengan Lempeng Eurasia. Sunda Megathrust merentang dari pantai barat Sumatera sampai Kepulauan Nusa Tenggara. Jarak di antara Pulau Jawa serta Sumatera ke jalan megatrhust seputar 200-250 km. Dari jalan itu, dapat berlangsung gempa besar yang menyebabkan tsunami.

Jika gempa besar dengan magnitudo (M) 9,1 berlangsung di zone megathrust, 20 menit selanjutnya gelombang tsunami akan sampai di pantai. Warga di daratan tidak akan punyai beberapa waktu untuk selamatkan diri. Warga di teritori pesisir disarankan tidak untuk menanti peringatan tsunami dari BMKG. Intinya, lari saja ke tempat aman.

“Jika memang tinggal di dekat garis pantai, jika merasai guncangan yang kuat, ya, tak perlu menanti warning, sebab selang beberapa saat kemungkinan tsunami akan berlangsung. Demikian ada guncangan, ya lari. Jika menanti warning, itu berarti telah kehilangan waktu,” kata Karunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *