Tentara Nigeria Tembaki Demonstran

Posted on

Faksi berkuasa Nigeria sedang menyelidik laporan jika tentara menembaki pengunjuk rasa yang melawan kebrutalan polisi di Selasa (20/10) malam. Kejadian itu berlangsung di Lekki Toll Plaza, area kelas tinggi di Lagos, kota paling besar serta pusat keuangan Nigeria. Seorang saksi mata, Akinbosola Ogunsanya, menjelaskan ke tempat informasi jika tentara tiba ke tempat serta sesudah lampu dipadamkan, mulai menembaki.

BACA – Gempa Terkini, Tomado Diguncang Gempa Bumi Magnitudo 4.4 Terasa Hingga Kulawi

Ogunsanya serta saksi mata yang lain menjelaskan ada beberapa korban jiwa dalam tempat peristiwa. Laporan tentang penembakan itu tiba saat malam pertama kali dari jam malam sepanjang 24 jam yang difungsikan Gubernur Lagos Babajide Sanwo-Olu. Sepanjang jam malam, seluruh orang tidak boleh turun ke jalan sesudah jam 4 sore terkecuali karyawan fundamental serta petugas genting.

Jubir gubernur, Gboyega Akosile, menjelaskan di Twitter jika pemerintahan negara sisi Lagos sudah memerintah penyidikan atas kejadian itu.  Dalam pengakuan, Organisasi HAM Amnesty International menjelaskan, ada “bukti yang dapat dipertanggungjawabkan, tapi memprihatinkan” tentang ada korban jiwa karena penembakan di Lekki Toll Plaza.

Negara di Afrika Barat itu dirundung protes besar dalam 2 minggu ini menampik “Pasukan Spesial Antiperampokan” yang diketahui jadi SARS. Protes dipacu video yang disangka memperlihatkan seorang lelaki dipukuli petugas SARS. Unit pasukan itu sudah lama didakwa lakukan pelecehan, penculikan, pemerasan, penganiayaan serta pembunuhan.

Demo, yang dilaksanakan dengan tagar #EndSARS, itu memaksakan pemerintahan Nigeria membuyarkan unit polisi yang polemis itu. Tetapi, demo bersambung serta beralih menjadi kekerasan sesaat pengunjuk rasa tuntut perombakan yang lebih luas pada kepolisian serta pembasmian korupsi. [ka/ab]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *